Minggu, 22 Mei 2011

BERITA MISTERI DENTUMAN KERAS DI BANDUNG

BERITA MISTERI Dentuman Keras di Bandung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah memeriksa dentuman misterius yang terjadi di Jalan Asia Afrika, Bandung. Dentuman ini sempat membuat panik warga yang ada di sekitar TKP, Sabtu malam 18 Mei lalu.

Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, R. Sukhyar mengaku sudah mendapatkan laporan dari Kepala PVMBG, I Gede Swantika yang turun langsung menyelidiki asal ledakan di Bandung. Dalam laporan tersebut dentuman terdengar pukul 22.30 WIB.

"Sonic wave-nya terdengar cukup keras oleh orang banyak, menimbulkan kekagetan semua orang, dan orang-orang berlarian ke arah depan Bank NISP di Jalan Asia Afrika," kata R. Sukhyar dalam pesan singkatnya Senin, 23 Mei 2011.
Posisi gedung Bank NISP berada di antara Hotel Savoy Homman, kantor Iklan Pikiran Rakyat, dan Gedung Merdeka atau lebih dikenal dengan Museum Asia Afrika. Hasil penelitian, lanjut Sukhyar, hanya dua orang yang berada di depan gedung Merdeka merasakan getaran tanah.

Menurut Sukhyar, hasil pemeriksaan lapangan tidak ada kerusakan bangunan dan retakan di permukaan maupun lantai bawah tanah gedung Bank NISP lama. Sehingga Ia menyimpulkan,"penyebab ledakan kemungkinan berasal dari mesin kendaraan atau ban pecah," jelasnya.

Sebelumnya Pakar Geologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Danny Hilman, menyatakan belum mengetahui sumber pencipta suara dentuman. Namun yang jelas dentuman misterius terjadi bukanlah berasal dari pergerakan sesar Lembang.

0 komentar:

Posting Komentar